Kamis, 17 Oktober 2013

TUGAS KLS 9 Smt I : KEMAGNETAN

Petunjuk : Tugas diketik pada kertas HVS, dijilid dengan mencantumkan Identitas (Nama, Kls, nomor absen). Tugas dikumpulkan paling lambat tgl. 31 Oktober 2013.

Jawablah Pertanyaan-pertanyaan berikut ini sesuai dengan perintah !
1. Darimana magnet mula-mula ditemukan ? Jelaskan !
2. Berdasarkan sifat kemagnetannya, bahan magnet dibedakan menjadi dua, sebut dan jelaskan !
3. Berdasarkan gaya tariknya, bahan magnet dibedakan menjadi tiga, sebut dan jelaskan ! 
4. Sebutkan sifat-sifat dari suatu magnet !
5. Menurut keberadaannya, magnet dibedakan menjadi dua, sebut dan jelaskan !
6. Sebut dan jelaskan cara-cara membuat magnet !
7. Berdasarkan bentuknya, magnet dibedakan menjadi empat, sebut dan jelaskan kegunaannya !
8. Sebutkan teori kemagnetan yang anda ketahui !






Sabtu, 05 Oktober 2013

Langkah Kerja : Media Pembelajaran "Hukum I Kirchoff"



MEDIA PEMBELAJARAN : 3.2
SMP NEGERI 1 MARGOYOSO
Mata Pelajaran            : IPA. Fisika
Kelas / Semester          : IX / 1
Tahun Pelajaran           : 2013 / 2014
Alokasi Waktu            : 4 x 40 menit (2 kali tatap muka)
Standar Kompetensi 3  : Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar 3.2   : Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator Pencapaian Kompetensi : Pertemuan I (2x40 menit)
Percobaan I :
  1. Mengidentifikasi perangkat alat percobaan Hukum I Kirchooff, pada rangkaian listrik tidak bercabang
  2. Terampil melakukan pemasangan perangkat alat percobaan Hukum I Kirchoof dengan tepat dan benar, pada rangkaian listrik tidak bercabang
  3. Menunjukkan ketekunan, teliti, jujur, tanggung jawab, saling menghargai kerja  kelompok dalam melakukan percobaan
  4. Melalui percobaan, dapat menunjukkan bahwa pada rangkaian listrik tidak - bercabang, besarnya kuat arus listrik di setiap titik pd rangkaian adalah sama besar
  5. Melalui perhitungan kuat arus listrik (berdasarkan hasil pengamatan dalam percobaan), dapat menunjukkan bahwa besarnya kuat arus listrik di setiap titik pada rangkaian listrik tidak bercabang adalah sama besar
  6. Memiliki rasa ingin tahu, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok dalam melakukan percobaan.

Tujuan Penggunaan media pembelajaran :
            Untuk mempermudah penyampaian materi atau konsep-konsep yang diajarkan oleh guru kepada siswa, khususnya materi arus listrik dalam rangkaian, sehingga hasil belajar yang dicapai oleh siswa bisa terwujud secara maksimal.

Bentuk media pembelajaran :
Ø  Percobaan I :
Hukum I Kirchooff : “Arus listrik dalam rangkaian tidak bercabang” yang dirangkai dalam Kit rangkaian listrik pada papan rangkaian.

Alat dan Bahan :
  1. Papan rangkaian          : 1 buah
  2. Ampere meter                         : 2 buah
  3. Kabel penghubung      : 2 set
  4. Pemegang baterai        : 3 buah
  5. Baterai                         : 3 buah
  6. Jembatan penghubung : 2 buah
  7. Pemegang Lampu       : 1 buah
  8. Bola lampu                  : 1 buah
  9. Saklar satu arah           : 1 buah
Cara membuat :
  1. Rangkailah 3 buah baterai dan tempatnya secara seri pada papan rangkaian
  2. Sambungkan 2 buah ampere meter dengan sumber tegangan baterai tersebut secara seri
  3. Gunakan batas ukur pada ampere meter tersebut pada angka 5
  4. Sambungkan bola lampu diantara kedua ampere meter tersebut
  5. Pastikan semua alat dan bahan terpasang secara tepat dan benar (seperti gb. 1)

Cara menggunakan :
  1. Setelah alat dan bahan terpasang secara tepat dan benar seperti gambar rangkaian 1, tutup saklar pada posisi on.
  2. Amati sklala yang ditunjuk jarum ampere meter dan catat hasil pengamatan ke dalam tabel
  3. Lakukan perhitungan untuk menentukan besarnya kuat arus listrik i1 dan i2 yang mengalir dalam rangkaian dengan menggunakan rumus :

                  Skala yang ditunjuk                               
            i  = -------------------------  x Batas Ukur
                   Skala maksimum


Ilustrasi Media :

           

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Margoyoso                                          Guru Mata Pelajaran


HERRY SUSANTO, S.Pd.,M.M.                                          RASILAN, S.Pd.,M.Si.
Pembina                                                                                  NIP. 19630303 198901 1 003
NIP. 19651115 198803 1 004

Indikator Pencapaian Kompetensi : Pertemuan II (2x40 menit)
Percobaan II :
  1. Mengidentifikasi perangkat alat percobaan Hukum I Kirchooff, pada rangkaian listrik bercabang
  2. Terampil melakukan pemasangan perangkat alat percobaan Hukum I Kirchoof dengan tepat dan benar, pada rangkaian listrik bercabang
  3. Menunjukkan ketekunan, teliti, jujur, tanggung jawab, saling menghargai kerja  kelompok dalam melakukan percobaan
  4. Melalui percobaan, dapat menunjukkan bahwa pada rangkaian listrik bercabang, jumlah kuat arus listrik yang masuk pada suatu titik cabang sama dengan jumlah kuat arus listrik yang meninggalkan titik cabang itu
  5. Melalui perhitung, dapat menunjukkan bahwa pada rangkaian listrik bercabang, jumlah kuat arus listrik yang masuk pada suatu titik cabang sama dengan jumlah kuat arus listrik yang meninggalkan titik cabang itu
  6. Memiliki rasa ingin tahu, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok dalam melakukan percobaan.

Ø  Percobaan II :
Hukum I Kirchooff : “Arus listrik dalam rangkaian bercabang” yang dirangkai dalam Kit rangkaian listrik pada papan rangkaian.

Alat dan Bahan :
  1. Papan rangkaian                      : 1 buah
  2. Ampere meter                                     : 4 buah
  3. Kabel penghubung                  : 4 set
  4. Pemegang baterai                    : 3 buah
  5. Baterai                                     : 3 buah
  6. Jembatan penghubung            : 4 buah
  7. Pemegang lampu                     : 1 buah
  8. Bola lampu                              : 1 buah
  9. Saklar satu arah                       : 1 buah
  10. Hambatan tetap 47 Ω              : 1 buah
  11. Hambatan tetap 56 Ω              : 1 buah

Cara membuat :
  1. Rangkailah 3 buah baterai dan tempatnya secara seri pada papan rangkaian
  2. Sambungkan 4 buah ampere meter dengan sumber tegangan seperti pada gambar rangkaian. 2.
  3. Gunakan batas ukur pada tiap ampere meter tersebut pada angka 5.
  4. Sambungkan bola lampu, hambatan tetap, dan saklar seperti pada gb. rangkaian 2
  5. Pastikan semua alat dan bahan percobaan terpasang secara tepat dan benar.






Cara menggunakan :
  1. Setelah alat dan bahan terpasang secara tepat dan benar seperti gambar rangkaian 2, tutup saklar pada posisi on.
  2. Amati sklala yang ditunjuk ampere meter dan catat hasil pengamatan ke dalam tabel
  3. Lakukan perhitungan untuk menentukan besarnya kuat arus listrik i1, i2, i3, dan i4 yang mengalir dalam rangkaian dengan menggunakan rumus :

                  Skala yang ditunjuk                               
            i  = -------------------------  x Batas Ukur
                   Skala maksimum


Ilustrasi media :

           



Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Margoyoso                                          Guru Mata Pelajaran


HERRY SUSANTO, S.Pd.,M.M.                                          RASILAN, S.Pd.,M.Si.
Pembina                                                                                  NIP. 19630303 198901 1 003
NIP. 19651115 198803 1 004

Media Pembelajaran : Hukum I Kirchoff